Aletra adalah akronim dari 'Alenia' dan 'Matra'. Dalam sebuah wacana, Alenia diartikan sebagai pembuka atau pengantar dalam pengungkapan suatu pemikiran. Matra secara umum merupakan tanda ukuran yang menyatakan jumlah, panjang, lebar dan sebagainya yang ditandai dengan satuan yang mengungkapkan detail-detail dari objek yang ditandai.
 
Dalam Aletra, Alenia dan Matra dimaksudkan untuk menjadi pembuka, pengantar, serta pengungkap ide suatu karya seni yang nantinya memiliki dimensi yang membentuk ruang yang fungsional, tertata, serta kontekstual dengan kondisi lingkungan sekitar. Dalam fungsinya, Aletra, mengungkap ide dan gagasan awal dalam sebuah perencanaan desain arsitektur. Aletra juga menjadi bagian dari pelaksanaan atau pembangunan suatu rancangan desain arsitektur sebagai bagian dari pencapaian target realisasi gagasan desain arsitektur yang indah dan fungsional.
 
Logo yang diawali dengan susunan karakter huruf dan diakhiri dengan bentuk yang merupakan deformasi dari huruf 'A' memiliki makna perencanaan. Hal ini menandakan Aletra bergerak dari gagasan-gagasan yang tidak terlihat kemudian diwujudkan menjadi bentuk utuh suatu perencanaan pekerjaan desain arsitektur yang siap direalisasikan.
 
Desain berbicara melalui wujud. Kami mewujudkan gagasan menjadi bentuk yang fungsional sebagai produk kebutuhan.